Jumat, 16 Maret 2012


Memanfaatkan Teknologi dalam Pembelajaran

    Dalam psikologi pendidikan dikenalkan juga cara mengajar yang efektif. Salah satu dari aspek mengajar yang efektif adalah keahlian teknologi. Untuk mendukung proses belajar maka pengajar dapat menggunakan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Namun teknologi itu sendiri tidak selalu meningkatkan kemampuan belajar. 
   Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan teknologi ini benar-benar dapat mendukung terciptanya lingkungan belajar yang baik. Hal-hal yang dimaksud antara lain adalah
  • Visi dan dukungan dari tokoh pendidikan
  •   Guru yang menguasai teknologi untuk pengajaran
  •  Standar dan isi kurikulum
  •    Penilaian efektivitas teknologi untuk pembelajaran
  •  Memandang anak sebagai pembelajar yang aktif dan konstruktif

Untuk menjadi Guru yang efektif sebaiknnya guru mampu melakukan hal-hal berikut:
  •   mengembangkan keahlian tekonologi dan mengintergrasikan computer ke dalam proses belajar di kelas
  • mengetahui cara menggunakan computer dan cara mengajar murid untuk menggunakan computer
  •  mengetahui cara menggunakan dan cara mengajar menggunakan alat komunikasi computer seperti internet
  •  memahami dengan baik berbagai perangkat penting lainnya untuk mendukung pembelajaran murid yang cacat
  • dapat mengevaluasi efektifitas game instruksional dan simulasi komputer
Dalam mendukung penggunaan teknologi sebagai pendukung proses pembelajaran, National Educational Technology standards (NETS) mengembangkan aspek-aspek berikut:
·         standar landasan teknologi untuk murid, yang mendeskripsikan apa yang harus diketahui oleh murid dan tentang apa yang dapat dilakukan dengan teknologi tersebut
·         standard penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar yang mendeskripsikan bagaimana teknologi harus dipakai dalam kurikulum untuk mengajar, belajar, dan manajemen instruksionak
·         standard pendukung teknologi pendidikan, yang mendeskripsikan system, akses, pengembangan staf, dan perangkat pendukung yang dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi secara efektif
·    standard unntuk penilaian murid dan evaluasi pengggunaan teknologi, yang mendeskripsikan beragam cara untuk menilai kemajuan murid dan mengevaluasi penggunaan teknologi dalam prose belajar mengajar.

Adapun sisi positif dari penggunaan teknologi ini adalah:
  • dapat membuat murid menjadi lebih kretif dalam menulis dan berkreasi
  • dapat menggunakan internet untuk menjelajahi banyak hal
  •  mempersiapkan murid untuk mencari pekerjaan dimasa depan
  •  membuat suasana belajar menjadi lebih mesnarik dan tidak membosankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar