Sabtu, 02 Juni 2012

Hasil Survey Online

         Pada kesempatan yang diberikan kepada kami sebagai mahasiswa Psikologi USU, dalam mata kuliah Psikologi Pendidikan, saya telah melakukan survey yang berhubungan dengan Peraturan dan Prosedur kelas. Survey yang saya lakukan menggunakan kuesioner. Dalam hal ini saya mengambil respon dari 50 orang mahasiswa Psikologi seangkatan. Survey terdiri dari 7 pertanyaan disamping pernyataan mengenai identitas pengisi kuesioner, dengan 5 pilihan. Pilihan yang dimaksud antara lain, sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Tidak ada pilihan benar atau salah, dan responden hanya dapat memilih satu tanggapan. Survey ini bertujuan untuk melihat bagaimana tanggapan dan pendapat mahasiswa fakultas psikologi terhadap aturan dan prosedur kelas yang telah ditetapkan oleh kampus. survey saya lakukan selama 7 hari. 

Berikut ini adalah susunan pernyataan yang sudah saya sediakan,
1. Aturan dan prosedur kelas yang ada saat ini sangat berlebihan dan sulit untuk diikuti
 sangat setuju  0 
 0.00% 
 setuju  5 

 10.00% 
 netral  26 

 52.00% 
 tidak setuju  18 

 36.00% 
 sangat tidak setuju  1 

 2.00% 

2. Saya merasa senang ketika dosen memberikan aturan dan prosedur kelas yang diikuti oleh  penjelasan dan alasan dari aturan tersebut

 Sangat setuju  6 

 12.00% 
 Setuju  36 

 72.00% 
 Netral  7 

 14.00% 
 Tidak setuju  1 

 2.00% 
 Sangat tidak setuju  0 
 0.00% 

3. Dosen mengikutsertakan mahasiswa dalam merencanakan aturan dan prosedur dalam kelas
 Sangat setuju  8 

 15.69% 
 Setuju  32 

 62.75% 
 Netral  8 

 15.69% 
 Tidak setuju  3 

 5.88% 
 Sangat tidak setuju  0 
 0.00% 
4.Melibatkan mahasiswa dalam penyusunan aturan kelas tidak akan mempengaruhi tanggung jawab mahasiswa dalam mematuhi aturan
 Sangat setuju  1 

 2.00% 
 Setuju  11 

 22.00% 
 Netral  16 

 32.00% 
 Tidak setuju  21 

 42.00% 
 Sangat tidak setuju  1 

 2.00% 
5.Terkadang aturan dan prosedur yang ditetapkan mengganggu proses belajar mengajar
 Sangat setuju  2 

 3.85% 
 Setuju  9 

 17.31% 
 Netral  22 

 42.31% 
 Tidak setuju  19 

 36.54% 
 Sangat tidak setuju  0 
 0.00% 
6. Aturan dan prosedur dilakukan untuk menciptakan proses pembelajar yang lebih efektif
 Sangat setuju  4 

 8.00% 
 Setuju  41 

 82.00% 
 Netral  5 

 10.00% 
 Tidak setuju  0 
 0.00% 
 Sangat tidak setuju  0 
 0.00% 

7. Aturan dan prosedur tidak hanya berlaku bagi mahasiswa, tetapi juga terhadap pengajar
 Sangat setuju  21 

 41.18% 
 Setuju  27 

 52.94% 
 Netral  3 

 5.88% 
 Tidak setuju  0 
 0.00% 
 Sangat tidak setuju  0 
 0.00% 

             Berdasarkan hasil diatas, saya menyimpulkan beberapa hal. Dalam memenuhi atau mengikuti aturan yang telah diberlakukan, mahasiswa psikologi banyak yang merasa bahwa aturan dan prosedur kelas yang telah dibuat terkadang sulit untuk dipatuhi. Sebaiknya dalam memberikan peraturan dan prosedur kelas oleh dosen diikuti dengan penjelasan dan alasan atas peraturan tersebut. Pada umumnya mahasiwa menginginkan agar dosen mau secara terbuka dan fleksibel untuk .mengikutsertakan partisipasi mahasiswa dalam membuat aturan dan prosedur kelas karena ada kemungkinan pengikutsertaan ini dapat meningkatkan tanggung jawab dari mahasiswa. Dengan peraturan dan prosedur kelas yang ditetapkan, ada beberapa peraturan yang dapat mengganggu proses pembelajaran. ketika peraturan sudah ditetapkan, sebaiknya aturan itu tidak hanya diberlakukan bagi mahasiswa saja, tapi juga terhadap dosen pengajar. Sehingga, dengan adanya kesepakatan bersama ini, maka akan dapat meningkatkan komitmen dari setiap mahasiswa dan dosen dalam mematuhi aturan dan prosedur kelas. Pada akhirnya, setiap peraturan dan prosedur diciptakan untuk membuat proses belajar mengajar yang lebih efektif





Tidak ada komentar:

Posting Komentar