Selasa, 19 Maret 2013

Pedagogi Praktis Abad ke-21

          Pedagogi tidak hanya berbicara mengenai seni dan ilmu mengajar, melainkan juga mendorong banyak orang untuk melakukan redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman. Pedagogi yang abstrak harus mampu menjelma menjadi sesuatu yang konkret.

          Pedagogi tidak sekadar harus dipahami, melainkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya. Sebagai ilmu atau teori dan seni atau praktek mengajar, pedagogi termasuk dalam kategori "Pengetahuan pedagogis formal" dan "pengetahuan pedagogis vernakular". Pedagogi formal merupakan upaya mengembangkan prinsip-prinsip dan teori-teori pedagogi yang efektif melalui penelitian yang sistematis, lebih abstrak dan lebih umum dari pada pedagogi venakular yang merupakan pedagogi praktis. 

Fungsi penelitian pedagogis ini adalah:
- untuk menghasilkan pengetahuan baru tentang pengajran dan pembelajaran.
- untuk memungkinkan guru atu pendidik memahami, menjelaskan, membelam, membenarkan dan bila perlu memodifikasi pedagogi.

Kekuatan pedagogi ilmiah adalah membuat pembelajaran semakin praktis dilihat dari prisma konsep teoritis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar