Perencanaan Observasi dan Proses Pembelajaran
Kelompok 7
Yap Rima Oktavya Sinaga 11-042
Rosliana Karolina Manalu 11-052
Priscilla Debora R Simanjuntak 11-096
Kami kelompok 7 terdiri dari saya Yap Rima
O. Sinaga, Rosliana Karolina Manalu, dan Priscilla Debora Simanjuntak. Proses
pembelajaran yang kelompok kami rencanakan adalah proses pembelajaran yang
melibatkan praktek langsung dari anak-anak. Pada awalnya kelompok ingin membuat
proses pembelajaran bertema "Go Greeen", dimana kegiatan praktek yang ingin
dilakukan bersama-sama anak adalah kegiatan menanam pohon bersama. Namun sangat
sulit untuk melakukan pembelajaran dengan melibatkan pohon. Pertimbangan yang
kelompok lakukan berupa lahan yang digunakan untuk menanam pohon yang tidak
ada, dan kalaupun ada akan sulit untuk membawa anak-anak pergi ke lahan
tersebut. Karena itu kelompok kembali mengubah tema, mengubah tema yang tetap
berhubungan dengan menjaga lingkungan, yaitu melakukan pengajaran yang
melibatkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Barang bekas yang digunakan
berupa kardus bekas. Kelompok memilih kardus bekas karena sangat mudah
ditemukan disekitar lingkungan rumah, seperti kardus mie instan, kotak sepatu,
dan kotak-kotak lainnya. Kardus bekas nantinya akan dibentuk menjadi bingkai
foto. Bingkai foto adalah sesuatu yang cukup mudah diciptakan oleh anak-anak.
Pengerjaannya tidak terlalu rumit. Karena itulah thema dari pengajaran
ini adalah pemanfaatan kardus bekas menjadi bingkai foto.
Hal ini dilakukan untuk memberikan
pelajaran kepada anak-anak bahwa barang bekas masih dapat diolah kembali
menjadi barang yang lebih berguna dimana terdapat nilai estetika juga dalamnya.
Dalam pengerjaannya sangat dibutuhkan anak-anak yang mampu berperan aktif.
Kegiatan ini direncanakan dilakukan di TK Solafide yang terletak di jalan Bunga
Ncole, Medan. Melibatkan anak-anak dengan usia 4-5 tahun sebanyak 5-10 orang.
Tanggal yang kelompok rencanakan adalah hari pelaksanaan yang sesuai dengan
tanggal yang terdapat pada kontrak kuliah dalam hal pelaksanaan observasi dan
proses pembelajran (1 April 2013). Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.
Tempat yang digunakan adalah ruangan kelas dari anak TK tersebut.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk
menjalankan proses pembelajaran ini akan disiapkan oleh kelompok dan sudah akan
dibentuk dulu pada awalnya, sehingga ketika pengerjaannya anak-anak tidak
terlalu mendapatkan kesulitan dan mudah dalam pengerjaannya.
Adapun alat dan bahan yang digunakan
adalah sebagai berikut:
1. Kardus bekas
2. Doeble tip
3. Gunting
4. Kertas Origami sebagai hiasan
5. Kertas majalah sebagai pengganti foto
6. Plastik kaca
Biaya
Alat dan bahan
|
Biaya
|
Kardus
bekas
|
Rp –
|
Doeble
tip
|
Rp 5.000,00
|
Gunting
|
Rp –
|
Kertas Origami
sebagai hiasan
|
Rp 6.000,00
|
Kertas majalah
sbg pengganti foto
|
Rp –
|
Plastik kaca
|
Rp –
|
Kamera sebagai
alat perekam
|
Rp –
|
Jumlah
|
Rp
11.000,00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar