Rabu, 01 Mei 2013


Perencanaan Observasi dan Proses Pembelajaran

Kelompok 7
Yap Rima Oktavya Sinaga 11-042
Rosliana Karolina Manalu 11-052
Priscilla Debora R Simanjuntak 11-096





Kami kelompok 7 terdiri dari saya Yap Rima O. Sinaga, Rosliana Karolina Manalu, dan Priscilla Debora Simanjuntak. Proses pembelajaran yang kelompok kami rencanakan adalah proses pembelajaran yang melibatkan praktek langsung dari anak-anak. Pada awalnya kelompok ingin membuat proses pembelajaran bertema "Go Greeen", dimana kegiatan praktek yang ingin dilakukan bersama-sama anak adalah kegiatan menanam pohon bersama. Namun sangat sulit untuk melakukan pembelajaran dengan melibatkan pohon. Pertimbangan yang kelompok lakukan berupa lahan yang digunakan untuk menanam pohon yang tidak ada, dan kalaupun ada akan sulit untuk membawa anak-anak pergi ke lahan tersebut. Karena itu kelompok kembali mengubah tema, mengubah tema yang tetap berhubungan dengan menjaga lingkungan, yaitu melakukan pengajaran yang melibatkan barang bekas sebagai media pembelajaran. Barang bekas yang digunakan berupa kardus bekas. Kelompok memilih kardus bekas karena sangat mudah ditemukan disekitar lingkungan rumah, seperti kardus mie instan, kotak sepatu, dan kotak-kotak lainnya. Kardus bekas nantinya akan dibentuk menjadi bingkai foto. Bingkai foto adalah sesuatu yang cukup mudah diciptakan oleh anak-anak. Pengerjaannya tidak terlalu rumit. Karena itulah thema dari  pengajaran ini adalah pemanfaatan kardus bekas menjadi bingkai foto.
Hal ini dilakukan untuk memberikan pelajaran kepada anak-anak bahwa barang bekas masih dapat diolah kembali menjadi barang yang lebih berguna dimana terdapat nilai estetika juga dalamnya. Dalam pengerjaannya sangat dibutuhkan anak-anak yang mampu berperan aktif. Kegiatan ini direncanakan dilakukan di TK Solafide yang terletak di jalan Bunga Ncole, Medan. Melibatkan anak-anak dengan usia 4-5 tahun sebanyak 5-10 orang. Tanggal yang kelompok rencanakan adalah hari pelaksanaan yang sesuai dengan tanggal yang terdapat pada kontrak kuliah dalam hal pelaksanaan observasi dan proses pembelajran (1 April 2013).  Waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.  Tempat yang digunakan adalah ruangan kelas dari anak TK tersebut. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menjalankan proses pembelajaran ini akan disiapkan oleh kelompok dan sudah akan dibentuk dulu pada awalnya, sehingga ketika pengerjaannya anak-anak tidak terlalu mendapatkan kesulitan dan mudah dalam pengerjaannya. 
Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Kardus bekas
2. Doeble tip
3. Gunting
4. Kertas Origami sebagai hiasan
5. Kertas majalah sebagai pengganti foto
6. Plastik kaca


Biaya
Alat dan bahan
Biaya
Kardus bekas                   
Rp –
Doeble tip                                    
Rp 5.000,00
Gunting                                      
Rp –
Kertas Origami sebagai hiasan      
Rp 6.000,00
Kertas majalah sbg pengganti foto  
Rp –
Plastik kaca                                 
Rp –
Kamera sebagai alat perekam        
Rp –
   Jumlah                                         
Rp 11.000,00
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar