Tinjauan
Apa
sih Psikologi Belajar?
Psikologi
adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental manusia.
Sedangkan belajar adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang
biasa saja oleh individu sampia mereka mengalami kesulitan saat menghadapi
tugas kompleks. Belajar tentunya
melibatkan aktivitas kognitif yang terkait dengan 3 aspek unik dari kecerdasan
manusia. Tiga aspek ini adalah mampu mempelajari penemuan, ciptaan, dan ide-ide
dari pemikir besar dan ilmuwan, mampu mengembangkan pengetahuan tentang tempat
dan kejadian yang belum dialami dan manusia menyesuaikan lingkungan denga diri
mereka bukan sekedar beradabtasi dengan lingkungan.
Jadi Psikologi Belajar adalah suatu ilmu perilaku dan proses mental yang berisi teori – teori mengenai belajar , tentang bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.
Jadi Psikologi Belajar adalah suatu ilmu perilaku dan proses mental yang berisi teori – teori mengenai belajar , tentang bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.
Peran
Belajar dalam Kehidupan Sehari-hari
- Menjelaskan tentang pemerolehan berbagai kemampuan dan keterampilan, tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta tentang sikap dan niali yang memandu tindakan seseorang.
- Mempelajari nilai, bahasa dan perkembangan kultur.
- Belajar menjadi dasar untuk kemajuan masyarakat di masa depan.
Upaya Prateoretis
dalam Menjelaskan Belajar
- Kebijaksanaan Tradisional yang biasanya didasarkan pada pengalaman
- Filsafat yang merupakan keyakianan dan pandangan yang terstruktu
- Pertumbuhan Riset
Kriteria untuk
Teori Belajar
- Merupakan seperangkat asumsi yang eksplisit yang merupakan keyakinan dasar teoretisi tentang suatu fenomena
- Harus mencakup definisi yang eksplisit tentang istilah penting
- Menarik prinsip spesifik dari asumsi yang dapat diuji melalui riset
- Teori harus dapat menjelaskan dinamika psikologis dasar dari kejadian yang mempengaruhi belajar.
Fungsi Teori
belajar
a.
Fungsi Umum
- Sebagai kerangka riset
- Memberikan kerangka organisasi untuk item-item iformasi
- Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
- Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
- Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
b. Fungsi
Khusus
- Sebagai pedoman perencanaan instruksi
- Mengevaluasi produk untuk dipakai di kelas dan praktik belajar yang berlangsung
- Mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas
- Mengevaluasi riset berdasarkan teori
Tidak ada komentar:
Posting Komentar