Senin, 09 September 2013


Tinjauan
Apa sih Psikologi Belajar?
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental manusia. Sedangkan belajar adalah proses multisegi yang biasanya dianggap sesuatu yang biasa saja oleh individu sampia mereka mengalami kesulitan saat menghadapi tugas kompleks.  Belajar tentunya melibatkan aktivitas kognitif yang terkait dengan 3 aspek unik dari kecerdasan manusia. Tiga aspek ini adalah mampu mempelajari penemuan, ciptaan, dan ide-ide dari pemikir besar dan ilmuwan, mampu mengembangkan pengetahuan tentang tempat dan kejadian yang belum dialami dan manusia menyesuaikan lingkungan denga diri mereka bukan sekedar beradabtasi dengan lingkungan.
Jadi Psikologi Belajar adalah
suatu ilmu perilaku dan proses mental yang berisi teori – teori mengenai belajar , tentang bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.
Peran Belajar dalam Kehidupan Sehari-hari
  • Menjelaskan tentang pemerolehan berbagai kemampuan dan keterampilan, tentang strategi untuk menjalankan peran di dunia, serta tentang sikap dan niali yang memandu tindakan seseorang.
  • Mempelajari nilai, bahasa dan perkembangan kultur.
  •  Belajar menjadi dasar untuk kemajuan masyarakat di masa depan.
Upaya Prateoretis dalam Menjelaskan Belajar
  • Kebijaksanaan Tradisional yang biasanya didasarkan pada pengalaman 
  • Filsafat yang merupakan keyakianan dan pandangan yang terstruktu 
  • Pertumbuhan Riset
Kriteria untuk Teori Belajar
  • Merupakan seperangkat asumsi yang eksplisit yang merupakan keyakinan dasar teoretisi tentang suatu fenomena 
  • Harus mencakup definisi yang eksplisit tentang istilah penting 
  • Menarik prinsip spesifik dari asumsi yang dapat diuji melalui riset 
  • Teori harus dapat menjelaskan dinamika psikologis dasar dari kejadian yang mempengaruhi belajar.
 Fungsi Teori belajar
a.       Fungsi Umum
  • Sebagai kerangka riset
  • Memberikan kerangka organisasi untuk item-item iformasi
  • Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
  • Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
  • Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
       b.    Fungsi Khusus
  • Sebagai pedoman perencanaan instruksi
  • Mengevaluasi produk untuk dipakai di kelas dan praktik belajar yang berlangsung
  • Mendiagnosa problem dalam instruksi di kelas
  • Mengevaluasi riset berdasarkan teori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar