Sabtu, 26 Oktober 2013

Nilai Tugas dan Nilai Ekspektasi Vygotsky

Nilai tugas merupakan komponen yang penting karena kompetensi saja tidak memadai untuk menjelaskan pemilihan jurusan atau bidang tertentu. Siswa mungkin kompeten di banyak bidang, tetapi tidak memilih terlibat karena bidang itu tidak memiliki nilai yang cukup bagi siswa. Ketika seseorang minat yang lebih besar daripada kemampuan yang sebenarnya dimiliki oleh orang tersebut, maka akan lebih besar kemungkinannya seseorang itu menghasilkan performance yang lebih baik daripada mereka yang memiliki kemampuan namun tidak berminat dalam bidang tersebut. Minat atau kemauan kita dalam melakukan sesuatu dipengaruhi oleh nilai positif yang akan kita dapatkan.

Nilai tugas menurut vygotsky memiliki empat komponen yaitu, nilai pencapaian, nilai intrinsik, nilai kemanfaatan dan biaya. Nilai pencapaian mengacu pada arti penting melakukan yang terbaik dalam bidang atau pelajaran tertentu. Dalam hal ini seseorang melakukan tugas agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan melakukan yang terbaik pula tergantung seberapa penting pengerjaan tugas.

Nilai intrinsik mengacu pada kesenangan siswa dalam menjalankan tugas dengan baik. Seseorang yang mengandalkan nilai intrinsik terdalam mengerjakan tugas tertentu tergantung pada kesenangannya secara pribadi, tidak  terlalu memusingkan hasil namun lebih kepada menikmati setiap proses yang dijalani.

Nilai kemanfaatan mengacu pada kegunaan pelajaran tertentu. Ketika seseorang sangat mementingkan manfaat yang akan didapat dari pengerjaan tugas, maka dapat dikatakan bahwa nilai yang paling menonjol dalam dirinya adalah nilai kemanfaatan. Nilai kemanfaatan selalu dikaitkan dengan aplikasi langsung dari tugas dan pengetahuan dalam kehidupan nyata atau sehari-hari.

Biaya mengacu pada sejauh mana pemilihan dalam melakukan aktivitas akan membatasi kesempatan untuk berpartisipasi atau ikut dengan aktivitas lain. Dengan kata lain biaya mengarah pada pengorbanan yang harus dilakukan ketika melakukan sesuatu.

Penjelasan diatas berhubungan dengan nilai tugas. Sedangkan nilai ekspektasi mengacu pada keyakinan anak tentang sejauh mana mereka akan dapat melakukan dengan baik. Nilai ekspektasi berhubungan dengan nilai yang diprediksi yang akan didapatkan di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar