Nilai Tugas dan Nilai Ekspektasi Vygotsky
Nilai
tugas merupakan komponen yang penting karena kompetensi saja tidak
memadai untuk menjelaskan pemilihan jurusan atau bidang tertentu. Siswa
mungkin kompeten di banyak bidang, tetapi tidak memilih terlibat karena
bidang itu tidak memiliki nilai yang cukup bagi siswa. Ketika seseorang
minat yang lebih besar daripada kemampuan yang sebenarnya dimiliki oleh
orang tersebut, maka akan lebih besar kemungkinannya seseorang itu
menghasilkan performance yang lebih baik daripada mereka yang memiliki
kemampuan namun tidak berminat dalam bidang tersebut. Minat atau kemauan
kita dalam melakukan sesuatu dipengaruhi oleh nilai positif yang akan
kita dapatkan.
Nilai tugas menurut vygotsky memiliki
empat komponen yaitu, nilai pencapaian, nilai intrinsik, nilai
kemanfaatan dan biaya. Nilai pencapaian mengacu pada arti penting
melakukan yang terbaik dalam bidang atau pelajaran tertentu. Dalam hal
ini seseorang melakukan tugas agar mendapatkan hasil yang terbaik dengan
melakukan yang terbaik pula tergantung seberapa penting pengerjaan
tugas.
Nilai intrinsik mengacu pada kesenangan siswa
dalam menjalankan tugas dengan baik. Seseorang yang mengandalkan nilai
intrinsik terdalam mengerjakan tugas tertentu tergantung pada
kesenangannya secara pribadi, tidak terlalu memusingkan hasil namun
lebih kepada menikmati setiap proses yang dijalani.
Nilai
kemanfaatan mengacu pada kegunaan pelajaran tertentu. Ketika seseorang
sangat mementingkan manfaat yang akan didapat dari pengerjaan tugas,
maka dapat dikatakan bahwa nilai yang paling menonjol dalam dirinya
adalah nilai kemanfaatan. Nilai kemanfaatan selalu dikaitkan dengan
aplikasi langsung dari tugas dan pengetahuan dalam kehidupan nyata atau
sehari-hari.
Biaya mengacu pada sejauh mana pemilihan
dalam melakukan aktivitas akan membatasi kesempatan untuk berpartisipasi
atau ikut dengan aktivitas lain. Dengan kata lain biaya mengarah pada
pengorbanan yang harus dilakukan ketika melakukan sesuatu.
Penjelasan diatas berhubungan dengan nilai tugas.
Sedangkan nilai ekspektasi mengacu pada keyakinan anak tentang sejauh
mana mereka akan dapat melakukan dengan baik. Nilai ekspektasi
berhubungan dengan nilai yang diprediksi yang akan didapatkan di masa
depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar