Teknologi
dan Pendidikan
I. Persinggungan Teknologi dan Pendidikan
Dewasa ini pendidikan dan Teknologi
tidak dapat dipisahkan. Contoh ynag paling nyata adalah penggunaan computer. Dengan
computer kita dapat mengoptimalkan waktu, dan tentunya lebih efisien. Teknologi
bukanlah sesuatu yang asing lagi di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam
mendukung dunia pendidikan. Teknologi merupakan salah satu hasil dan aplikasi
pendidikan, sementara pendidikan itu sendiri juga didukung oleh keberadaan
teknologi. Hasil dan aplikasi yang dimaksud adalah bahwa pendidikan mampu
memerluas pengetahuan seseorang, dan pengetahuan ini memunculkan ide-ide
kreatif untuk menciptakan kemudahan demi kemudahan dalam kehidupan melalui
teknologi. Contohnya yaitu yaitu seseorang yang berlatar belakang pendidikan
yang berhubungan dengan computer mampu menciptakan software terbaru, dimana
Software ini dapat kembali dimanfaatkan
untuk mendukung proses pembelajaran. Contoh softwarenya yaitu SPSS. SPSS ini
mampu memberikan kemudahan untuk mempelajari statistika.
II. Penggunaan Internet dalam Dunia
Pendidikan di Indonesia Khususnya Medan
Internet
adalah inti dari komunikasi melalui computer. System internet berisi ribuan
jaringan computer yang terhubung dengan seluruh dunia, menyediakan informasi
yang tak terhingga yang dapat diakses oleh semua murid. Internet merupakan salah
satu teknologi yang juga sangat dekat dan tidak asing lagi bagi kita. Dalam
bidang pendidikan internet biasanya digunakan sebagai sumber tambahan untuk
mencari bahan ajar sampai kepada pengerjaan tugas yang kesemuanya dapat diakses
dengan menggunakan internet. Bila dibandingkan teori yang ada di dalam buku
dengan kehidupan nyata di Medan, penggunaan internet pada umumnya dikenalkan
ditingkat SMP, tetapi pemanfaatan ini menurut kelompok kami belum maksimal.
Ketidakmasimalan penggunaan internet ini disebabkan oleh pemahaman guru yang
masih kurang mengenai penggunaan internet. Berdasarkan teori yang ada
seharusnya anak SMP sudah mampu menerapkan penggunaan email dalam pembelajaran
dan mengakses situs-situs yang dapat digunakan sebagai tambahan pembelajaran
selain pelajaran yang didapat dari sekolah
tetapi pada nyata nya tidak demikian. Ketidakmasimalan ini juga disebabkan oleh situs-situs internet
yang lebih menarik, seperti banyaknya game-game online dan jejaring social lainnya.
Ubiquitos
computing adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual
menempatkan orang di dalam dunia yang diciptakan oleh computer, ubiquitos computing
memaksa computer eksis di dunia manusia. Menurut pandangan kami sebagai
mahasiswa, ubiquitos computing ini dapat sangat membantu mahasiswa mengakses
segala macam informasi khususnya mengenai pendidikan secara lebih cepat.
Misalnya kita tidak perlu lagi harus mengunjungi perpustakaan untuk mencari
informasi di waktu yang terdesak, kita dapat langgung menggunakan internet
untuk mencari referensi lainnya yang kita butuhkan. Contoh media yang paling
dekat dengan kita saat ini adalah handphone yang diengkapai dengan aplikasi
internet. Contoh lainnya yaitu perangkat computer baru yang lebih kecil adalah portabel
yang mungkin akan menggantikan computer desktop.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar