Selasa, 24 April 2012


Teknologi dan Pendidikan

I.          Persinggungan Teknologi dan Pendidikan
Dewasa ini pendidikan dan Teknologi tidak dapat dipisahkan. Contoh ynag paling nyata adalah penggunaan computer. Dengan computer kita dapat mengoptimalkan waktu, dan tentunya lebih efisien. Teknologi bukanlah sesuatu yang asing lagi di tengah-tengah masyarakat, terutama dalam mendukung dunia pendidikan. Teknologi merupakan salah satu hasil dan aplikasi pendidikan, sementara pendidikan itu sendiri juga didukung oleh keberadaan teknologi. Hasil dan aplikasi yang dimaksud adalah bahwa pendidikan mampu memerluas pengetahuan seseorang, dan pengetahuan ini memunculkan ide-ide kreatif untuk menciptakan kemudahan demi kemudahan dalam kehidupan melalui teknologi. Contohnya yaitu yaitu seseorang yang berlatar belakang pendidikan yang berhubungan dengan computer mampu menciptakan software terbaru, dimana Software  ini dapat kembali dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran. Contoh softwarenya yaitu SPSS. SPSS ini mampu memberikan kemudahan untuk mempelajari statistika.

II.        Penggunaan Internet dalam Dunia Pendidikan di Indonesia Khususnya Medan
Internet adalah inti dari komunikasi melalui computer. System internet berisi ribuan jaringan computer yang terhubung dengan seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses oleh semua murid. Internet merupakan salah satu teknologi yang juga sangat dekat dan tidak asing lagi bagi kita. Dalam bidang pendidikan internet biasanya digunakan sebagai sumber tambahan untuk mencari bahan ajar sampai kepada pengerjaan tugas yang kesemuanya dapat diakses dengan menggunakan internet. Bila dibandingkan teori yang ada di dalam buku dengan kehidupan nyata di Medan, penggunaan internet pada umumnya dikenalkan ditingkat SMP, tetapi pemanfaatan ini menurut kelompok kami belum maksimal. Ketidakmasimalan penggunaan internet ini disebabkan oleh pemahaman guru yang masih kurang mengenai penggunaan internet. Berdasarkan teori yang ada seharusnya anak SMP sudah mampu menerapkan penggunaan email dalam pembelajaran dan mengakses situs-situs yang dapat digunakan sebagai tambahan pembelajaran selain pelajaran yang didapat dari  sekolah tetapi pada nyata nya tidak demikian.  Ketidakmasimalan  ini juga disebabkan oleh situs-situs internet yang lebih menarik, seperti banyaknya game-game online dan jejaring social lainnya.  

III.       Sudut Pandang Mahasiswa Psikologi Pendidikan mengenai Ubiquitos Computing
Ubiquitos computing adalah kebalikan dari realitas virtual. Jika realitas virtual menempatkan orang di dalam dunia yang diciptakan oleh computer, ubiquitos computing memaksa computer eksis di dunia manusia. Menurut pandangan kami sebagai mahasiswa, ubiquitos computing ini dapat sangat membantu mahasiswa mengakses segala macam informasi khususnya mengenai pendidikan secara lebih cepat. Misalnya kita tidak perlu lagi harus mengunjungi perpustakaan untuk mencari informasi di waktu yang terdesak, kita dapat langgung menggunakan internet untuk mencari referensi lainnya yang kita butuhkan. Contoh media yang paling dekat dengan kita saat ini adalah handphone yang diengkapai dengan aplikasi internet. Contoh lainnya yaitu perangkat computer baru yang lebih kecil adalah portabel  yang mungkin akan menggantikan computer desktop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar