Jumat, 11 Mei 2012

Blended Learning
Blended learning adalah perpaduan antara pembelajaran tradisional dengan  menggunakan cara tatap muka dengan metode modern yang menggunakan sistem online secara harmonis yang mendukung pengembangan teknologi pendidikan.
Belajar dengan metode blended  learning ini dapat dilakukan kapan saja, di mana saja dan dengan siapa saja. Lewat blended  learning, kita bisa belajar dengan interaktivitas yang mendekati belajar langsung tatap muka. Bahkan bisa dilakukan ketika instruktur dan para pelajarnya terpisah jarak yang cukup jauh. Karena selain vasilitas pesan berbentuk tulisan blended learning ini juga dapat dilakukan dengan suara bahakan video call.
Adapun tujuan dari blended learning ini adalah  :
·         membantu pelajar untuk berkembang lebih baik di dalam proses belajar, sesuai dengan gaya belajar dan  preferensi dalam belajar.
·         Menyediakan peluang yang praktis bagi guru dan pelajar untuk pembelajaran secara mandiri, bermanfaat, dan  terus berkembang.
·         Meningkatan penjadwalan fleksibilitas bagi pelajar, dengan menggabungkan aspek terbaik dari tatap muka dan instruksi online. Kelas tatap muka dapat digunakan untuk melibatkan para siswa dalam pengalaman interaktif. Sedangkan porsi online memberikan para siswa dengan multimedia yang kaya akan pengetahuan pada setiap saat, dan di mana saja selama pelajar memiliki akses internet,

Blended learning memberikan fasilitasi belajar yang sangat sensitif terhadap segala perbedaan karakteristik pskiologis maupun lingkungan belajar.
Kelebihan blended learning :
• Pembelajaran terjadi secara mandiri dan konvensional
• Pembelajaran lebih efektif dan efisien
• Dengan adanya blended learning maka peserta belajar semakin mudah dalam mengakses materi pembelajaran.

Kekurangan blended learning :
• Media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung.
• Tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar
• Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar