Jumat, 11 Mei 2012

Pengalaman Kuliah dengan Blended Learning
Sebagai seorang mahasiswa yang baru belajar dengan menggunakan blended learning saya sangat terkesan. Mengetahui hal-hal yang baru yang mungkin bagi orang lain sudah menjadi hal yang biasa. Saya senang ketika dapat mengetahui bahwa ada system belajar mengajar dengan menggunakan  computer dan jaringan internet. Saya semakin dibukakan tentang pentingnya keberadaan teknologi khusunya computer dan jaringan internet. ketika pertama kali menggunakan system ini, saya termotivasi untuk lebih banyak bertanya kepada orang yang sudah mengetahui.
            Adapun kelebihan dari blended learning ini menurut saya lebih kepada pengefetifan serta pengefisienan ruang dan waktu. Dimana kita dapat berdiskusi dan belajar hal-hal baru tanpa harus menggunakan metode belajar tatap muka. Semakin mandiri dalam pencarian materi dan bebas mengeluarkan kreativitas yang kita miliki, sehingga pelajar tidak lagi terpaku pada bahan yang diberikan oleh pengajar. Tetapi lebih dari itu.
            Sedangkan kekurangan dari system ini lebih kepada fasilitas yang tersedia. Meskipun pada umumnya kami sudah memiliki laptop tapi ada juga beberapa teman yang belum memiliki laptop atau alat teknologi lainnya.  Belum lagi masalah koneksi dengan internet yang sering terputus dan terkadang lambat. Karena belum terbiasa, system ini juga justru lebih mengambil banyak waktu. Tapi mungkin setelah terbiasa pelajar mungkin bisa lebih efektif dalam penggunaan waktu. Pemaksimalan system ini pastinya dapat dilakukan dengan pembiasaan diri, melengkapi fasilitas, serta pengetahuan dan kemauan dari semua pihak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar