Senin, 23 September 2013

Hasil Diskusi Online Kelompok

Diskusi kali ini membahas tentang teori Behavioristik Skinner, dan teori Gestalt. kesimpulan yang saya dapatkan adalah bahwa dalam kuliah on line pun kami mengalami proses belajar sesuai teori Behavior khususnya Skinner dengan proses belajar sesuai dengan teori Gestalt. Secara behavioral, perilaku kami terbentuk oleh adanya stimulus dan diikuti oleh respon atau yang kita kenal dengan Operant Conditioning. Dalam hal ini stimulusnya berupa perintah dosen untuk bergabung untuk diskusi dalam kuliah online dan respon mahasiswanya adalah mengikuti perintah. mahasiswa juga terdorong untuk memunculkan perilaku karena adanya reinforcement dan punishment dalam hal ini mungkin nialai mata kuliah Psikologi Belajar, dan reinforcement lainnya yang pasti adalah mendapatkan pengetahuan yang lebih luas. Dimana Reinforcement ini pun terbagi menjadi 2 yaitu reinforcement positif dan negatif. Teori Thorndike juga bisa diakaitkan dengan diskusi online ini, kita menjadi lebih terkoneksi dengan mahasiswa lain dan koneksi ini pun mendorong kita untuk lebih aktif berperilaku. 

Sedangkan untuk Teori Gestalt, proses belajarnya dapat dilihat ketika semua memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap informasi yang diterima. namun persepsi ini pada umumnya memandang sesuatu secara keseluruhan atau satu kesatuan, bukan bagian yang terpisah. Contohnya dalam kuliah online yang kita pelajari bukan hanya bagaimana mengoperasikan komputer, tapi juga suatu hal yang kita dapat lebih lanjut seperti membaca buku yang menambah informasi kepada kita, bagaimana menggunakan room chat untukm  berkomunikasi, bahkan hal yang tang mungkin tidak disadari hal ini juga melatih mahasiswa untuk lebih lancar dalam mengetik. Namun dari semua proses itu kita tidak memandanganya perbagian, tetapi lebih kepada satu kesatuan, yaitu kuliah online dalam Psikologi Belajar. 

Hasil lainnya adalah bahwa dalam mempersepsikan sesuatu yang lebih penting adalah melihat perilaku molarnya, bukan molekular. Dimana hal ini juga berhubungan dengan bagaimana kita mempersepsikan sesuatu secara keseluruhan atau holistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar