MENCIPTAKAN
NILAI FUNGSIONAL PERILAKU
Menurut
teori kognitif-sosial, ketika seseorang memperhatikan kejadian di lingkungan
maka orang tersebut akan serta merta memprediksikan penguatan yang mungkin
didapatkan dan cenderung mengabaikan sesuatu yang menurutnya tidak menghasilkan
penguatan (Bandura,1997, h.85). Bandura merekomendasikan agar pembelajaran
diarahkan untuk menciptakan ekspektasi hasil positif. Harapan ini akan
meningkatkan perhatian dan perilaku untuk melakukan tugas.
Kejadian-kejadian
yang memprediksi penguatan mendapatkan nilai fungsional bagi peserta didik.
Contoh
aplikasi dalam kuliah
Seseorang
memiliki ekspektasi positif dalam rencana masa depan agar dapat menjadi tenaga
pendidik yang baik setelah lulus kuliah dari fakultas Psikologi. Ekspektasi
positif ini akan memunculkan hasil ekspektasi positif berupa perilaku yang
dianggap dapat membantu mencapai rencana masa depan tersebut. Perilaku yang
dapat dialakukan antara lain dengan mengambil mata kuliah pilihan yang
berhubungan dengan pendidikan seperti, psikologi belajar, paedagogi, andragogi
dll. Perilaku-perilaku ini merupakan hasil dimodeling yang dianggap dapat
memberikan penguatan untuk mencapai tujuan. Baik itu modeling dari dosen,
senior dll.
Kesimpulan
dari teori ini adalah semakin besar ekspektasi positif yang ingin kita tuju
maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk memunculkan ekspektasi
hasilpositif berupa perilaku yang mendukung ekapektas tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar