Selasa, 22 Oktober 2013



Vygotsky

Tujuan utama Vygotsky adalah mereformulasikan psikologi sebagai bagian dari ilmu sosial terpadu. Dia memadang bahwa pemahaman akan kecerdasan manusia adalah masalah paling penting bagi psikologi. 


Prinsip Perkembangan Psikologis

Tujuan Vygotsky adalah menciptakan psikologi yang secara teoritis dan metodologid sederajat dengan tugas meneliti karakteristik manusi yang unik.
Asumsi Dasar
Ada tiga bidang yang membentuk landasan analisis vygotsky terhadap perkembangan kapabilitas menta manusia. Bidang yang dimaksud antara lain:
a.       Hakikat kecerdasan manusia
Peneliti lainnya terutama peneliti behavioral subjek penelitian yang sering digunakan akan hewan dan menganggap bahwa hasil penelitian terhadap hewan tersebut akan sama dengan hasil penelitian terhadap manusi secara langsung. Vygotsky menentang hal ini dengan menyatakan bahwa hewan dan manusi tidak dapat disamakan karena tidakan hewan yang terstruktur tidak selalu merupakan tindakan intelektual. Berbeda dengan manusia yang memang berperilaku berdasarkan intelektualnya.
b.      Landasan Filosofis
Pandangan Vygotsky dipengaruhi oleh 3 filsuf. Yang pertama Spinoza yang menyatakan bahwa manusia adalah makhluk rasional dan secara bertahap menguasai pikirannya sendiri. Yang kedua adalah Hegel. Materi sebagai dasar eksistensi dianggap merupakan Sesuatu yang absolute dan tidak berubah. Sebaliknya hegel menyatakan bahwa materi selalu dipengaruhi oleh factor lain seperti proses, perubahan atau perkembangan yang terus terjadi. Tekhir adalah Carl Max yang menyatakan bahwa manusia mnciptakan kultur yang beragam dimana alat untuk memandang dunia sebagai objek dan subjek yang bertindak. Alat kerja adalah factor penting dalam mengubah sifat manusia
c.       Konsep “perangkat psikologis”
Terdapat masalah pandangan tentang alat sebagai instrument penelitian. Dalam hal ini vygotsky menyatakan bahwa alat yang dimaksud adalah tanda dan symbol. Alat psikologis ini melahirkan transformasi kesadaran manusia yang menjadi alat untuk mengarahkan pikiran dan mengubah proses berpikir manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar