Sabtu, 26 Oktober 2013

Peran Pengetahuan dan Kemauan Sadar Vygotsky

           Vygotsky mengidentifikasi dua fungsi psikologi luas yang penting bagi perkembangan fungsi mental yang lebih tinggi. Pengetahuan itu adalah pengetahuan sadar dan kontrol kemauan dari aktivitas mental seseorang. Ketika tidak terdaat aktivitas kognitif sadar, emelajar tidak dapat menguasai fungsi mental yang lebih tinggi. Seseorang tidak akan mampu mengorganisasikan atau mengarahkan perhatiannya, menganalis, mengaitkan satu konsep dengan konsep lain, dan sebagainya. Dua fungsi dasar ini muncul sejak usia sekolah namun saat itu belum sempurna. ketika teori dihubungkan dengan status sebagai mahasiswa, maka hasilnya adalah sebagai berikut. Mahasiswa tentunya sudah memiliki fungsi mental yang tinggi ini bahkan mungkin sudah sempurna. Kesempurnaan ini diperoleh dari proses perkembangan kognitif mahasiswa sendiri, pengalaman yang didapat dari lingkungan, serta proses belajar yang telah dijalani selama mengikuti pendidikan. Mengingat mahasiswa sudah tergolong dewasa, tentunya mahasiswa ketika akan memutuskan sesuatu yang menuntut pilihan akan melakukannya dengan kesadaran penuh. Karena mahasiswa sudah mengetahui makna dan konsekuensi yang akan diterima untuk setiap pilihan yang dibuat. Kesadaran ini membuat mahasiswa menciptakan pemikiran dan perilaku yang bertujuan untuk mengontrol kemauannya dalam melakukan sesuatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar